UNS — Serbuan vaksinasi yang telah digelar oleh Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta juga diiringi dengan berbagai kegiatan positif. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh mahasiswa Program Studi (Prodi) Kedokteran Fakultas Kedokteran (FK) UNS yang saat itu tengah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata  (KKN).

Melalui program Covid-19 Week, mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok KKN A6 FK mengadakan berbagai rangkaian kegiatan di sela-sela pelaksanaan vaksinasi FK UNS.

“Kegiatan kami antara lain yaitu ajakan mengenakan masker ganda, pembagian leaflet terkait Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI), dan pembagian masker medis kepada peserta vaksinasi. Lalu, kegiatan daringnya berupa penyebaran poster KIPI, games bingo, dan talkshow online melalui Live Instagram, dan video edukasi terkait penggunaan masker ganda yang disebarkan melalui laman Instagram dan disiarkan langsung di Ruang Observasi lokasi vaksinasi FK UNS,” tutur Brenda Angelique, selaku ketua Tim KKN A6.

Covid-19 week merupakan wadah bagi mahasiswa peserta KKN vaksinasi untuk terjun langsung ke masyarakat umum guna memberi informasi dan edukasi.

“Berawal dari sebuah gagasan gerakan satu minggu melawan Covid-19 semoga dapat membangkitkan semangat masyarakat untuk terus berjuang memerangi virus ini. Program ini bukan hanya memberikan informasi saja, tetapi juga mengajak masyarakat sekitar sebagai pelopor dan promotor penggunaan masker ganda di lingkungannya,” imbuh Brenda.

Brenda berharap,  melalui Covid-19 week yang berlangsung pada 7-14 Agustus 2021 ini semakin banyak masyarakat yang peduli dan protektif akan lingkungan sekitarnya.
“Semoga juga dapat menekan angka persebaran Covid-19 dalam skala komunitas. Mari bersama-sama kita patuhi protokol kesehatan guna memberantas penyebaran Covid-19 di Indonesia,” harapnya. Humas UNS

Reporter: Bayu Aji Prasetya
Editor: Dwi Hastuti

Berita

Kategori